Diposting oleh iceday


Benarkah Planet Nibiru penyebab Kiamat 2012?



Banyak isu-isu kiamat beredar akhir-akhir ini. Isu-isu tersebut beredar seiring dengan terkuaknya ramalan kalender suku maya (Mayan Prophecy)dan juga cerita mistis dari bangsa Sumeria tentang planet Nibiru. Kedua ramalan tersebut mangacu pada tanggal 21 Desember 2012. Bagaimana dengan pendapat para ahli?

Pada 18 Juni kemarin, peneliti-peneliti Jepang mengumumkan berita bahwa mereka telah berhasil dalam pencarian teoretis mereka untuk sebuah massa besar di luar Tata Surya . Mereka mengatakan adanya planet yang lebih kecil dari Bumi di jarak lebih dari 100 SA. Namun mereka memastikan bahwa planet yang mereka temukan ini bukanlah planet Nibiru seperti yang banyak di dengar. Planet ini adalah salah satu planet minor dibalik Sabuk Kuiper.

Patryk Lykawa dan Tadashi Mukai dari Universitas Kobe telah mempublikasikan paper mereka dalam Astrophysical Journal yang menjelaskan tentang planet minor yang mereka yakini berinteraksi dengan Sabuk Kuiper yang misterius itu. Sabuk Kuiper menempati wilayah yang sangat luas di Tata Surya kita, kira-kira 30-50 SA dari Matahari, dan mengandung sejumlah besar obyek-obyek batuan dan metalik. Sabuk Kuiper memiliki karakteristik yang aneh salah satunya adalah “Kuiper Cliff” atau Jurang Kuiper yang terdapat pada jarak 50 SA. Ini merupakan akhir dari Sabuk Kuiper yang tiba-tiba, dan sangat sedikit obyek Sabuk Kuiper yang telah teramati dibalik titik ini. Jurang ini tidak dapat dihubungkan terhadap resonansi orbital dengan planet-planet masif seperti Neptunus, dan tampaknya tidak terjadi kesalahan (error) pengamatan. Banyak ahli astronomi percaya bahwa akhir yang tiba-tiba dalam populasi Sabuk Kuiper tersebut dapat disebabkan oleh planet yang belum ditemukan, yang mungkin sebesar Bumi. Obyek inilah yang diyakini Lykawka dan Mukai telah mereka perhitungkan keberadaannya.

Peneliti Jepang ini memprediksikan sebuah obyek besar, yang massanya 30-70 % massa Bumi, mengorbit Matahari pada jarak 100-200 SA. Obyek ini mungkin juga dapat membantu menjelaskan mengapa sebagian obyek Sabuk Kuiper dan obyek Trans-Neptunian (TNO) memiliki beberapa karakteristik orbital yang aneh, contohnya Sedna.

Nama Nibiru sendiri berasal dari sebuah buku kontroversial berjudul “The Twelfth Planet” atau “Planet Keduabelas” ditulis oleh Zecharian Sitchin pada tahun 1976 yang merupakan terjemahan dari kitab Sumeria yang berbentuk baji (tulisan paling kuno) .Tulisan berumur 6000 tahun ini mengungkapkan bahwa ras alien yang dikenal sebagai Anunnaki dari Planet yang disebut Nibiru, mendarat di Bumi. Ringkas cerita, Anunnaki memodifikasi gen primata di Bumi untuk menciptakan homo sapien sebagai budak mereka. Pekerjaan Sitchin ini telah diabaikan oleh komunitas ilmiah sebagaimana metode interpretasinya dianggap imajinatif. Meskipun demikian, banyak juga yang mendengar Sitchin, dan meyakini bahwa Nibiru (dengan orbitnya yang sangat eksentrik dalam mengelilingi Matahari) akan kembali, mungkin pada tahun 2012 untuk menyebabkan semua kehancuran dan terror-teror di Bumi ini.

Kemudian terdapat juga “penemuan katai coklat di luar Tata Surya kita” dari IRAS pada tahun 1984 dan “pengumuman NASA akan planet bermassa 4-8 massa Bumi yang sedang menuju Bumi” pada tahun 1933. Para pendukung hipotesa kiamat ini bergantung pada penemuan astronomis ini sebagai bukti bahwa Nibiru sebenarnya adalah Planet X yang telah lama dicari para astronom selama abad ini. Untuk meyakinkan para penyebar isu ini telah memanipulasi fakta yang ada dan ditambah dengan imajinatif adanya kehancuran dan gangguan dalam tata surya. Sebenarnya andai planet X itu memang ditemukan itu merupakan hal yang luar biasa untuk menguak misteri tata surya.

Planet Nibiru penyebab Kiamat 2012? Originally published in Shvoong: http://id.shvoong.com/humanities/history/1946921-planet-nibiru-penyebab-kiamat-2012/

0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified