Diposting oleh iceday

        Bagi orang tua, kebutuhan gizi si kecil memang perlu diperhatikan, apalagi bagi mereka yang anak-anaknya suka sekali jajan yang kita tak tahu apakah jajanan tersebut mempunyai gizi atau malah sebaliknya menimbulkan penyakit, karena sudah banyak sekali berita-berita tentang kurang sehatnya jajanan yang di jual di pinggir-pinggir jalan, dan justru hampir 70% pembelinya adalah anak-anak.

       Terkadang orang tua menyiasati hal tersebut dengan memberikan sarapan sebelum mereka berangkat sekolah, tetapi apakah semua anak mau untuk melakukan rutinitas sarapan pagi? Apalagi bagi anak-anak pastilah mereka mangalami fase dimana mereka susah untuk makan ( malas makan ) sedangkan asupan gizi yang diperlukan anak yang dalam masa pertumbuhan sangatlah banyak, maka dari itu saya mempunyai beberapa tips untuk mengatasi hal tersebut diatas.

  • Batasi uang jajan mereka, karena untuk anak-anak yang masih seusia sekolah dasar tidak perlu dibekali uang jaja yang begitu besar, atau bahkan bila perlu hilangkan kebiasaan memberikan uang jajan.
  • Selalu perut dalam keadaan kenyang sewaktu meninggalkan rumah, dengan begitu anak-anak akan hilang seleranya untuk membeli jajanan sembarangan karena perut mereka telah terisi dari rumah.
  • Bagi anak yang memang lagi susah makanya, ini ada sedikit resep makanan ( jajanan ) yang mudah-mudahan putra-putri anda suka.


LUMPIA ISI AYAM KENTANG

Karena bahan sewaktu membuat tidak memakai ukuran, maka anda perkirakan sesuai kebutuhan
Bahan ;
isi
Kentang               1 kg
Ayam                   œ kg       cincang kasar
Wortel                 100 g      potong kecil-kecil
Telur                     2 butir
Daun bawang
Jika senang bisa ditambahkan dengan keju
Bawang putih        3 siung
Merica                  secukupnya
Garam                  secukupnya
Penyedap ( royco atau sejenisnya )

Untuk kulit sediakan tepung terigu œ kg dan telur 1 butir, campurkan bahan dengan air dan tambahkan sedikit minyak sayur atau margarine yang telah dilelehkan terlebih dahulu supaya adonan kulit nanti tidak terlalu lengket, gunakan wajan dadar dengan api kecil kemudian pisahkan.

haluskan garam, bawang dan merica kemudian tumis bersama wortel,ayam yang telah dicincang kasar dan irisan daun bawang selama 20-30 menit hingga matang, sementara itu kupas kentang kemudian kukus. Setelah kentang matang kemudian tumbuk hingga halus dan tumisan ayam wortel tadi dicampurkan menjadi satu dan tambahkan telur dan penyedap secukupnya kemudian aduk hingga kalis.

Baru setelah tercampur rata lalu ambil 1 sendok makan adonan kentang dan bungkus dengan kulit lumpia yang telah kita buat tadi kemudian goring di minyak panas hingga matang. Sajikan selagi hangat atau bisa dijadikan bekal makanan sekolah.

Demikian semoga bermanfaat dan selamat mencoba


0 komentar:

Posting Komentar

English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified